Mete Dasuk Tembus Pasar Internasional, Malaysia Jadi Tujuan Pertama

Posted by : umkmhala January 15, 2024

Sumenep,15/01/2024 – Demi mewujudkan tercapainya mendunia bersama Goorita, pada awal tahun 2024 Goorita bertekad untuk mengirimkan produk UMKM ke luar negeri. Pengiriman produk UMKM tersebut sebagai langkah untuk penetrasi produk UMKM di luar negeri, dimana negara tujuan kali ini adalah Negeri Jiran, Malaysia.

Dari Jawa Timur, UMKM Halal Hub Sidoarjo dan UMKM Halal Hub Sumenep terpilih untuk menyiapkan produk unggulan yang kemudian akan dilakukan repacking dan turut dikirimkan ke Malaysia. Potensi sumber daya alam Sumenep yang cukup dikenal di tingkat Nasional, salah satunya ada kacang mete yang kemudian akan dilakukan produksi dan mengikuti penetrasi pasar di luar negeri bersama Goorita kali ini.  Dalam hal ini, UMKM Halal Hub Sumenep bekerjasama dengan UMKM dari Kecamatan Dasuk yaitu Ibu Masani yang memiliki produk kacang mete goreng dengan merk terkenal di Sumenep yaitu “Mendas” atau Mente Dasuk. Sementara UMKM Halal Hub Sidoarjo telah menyiapkan produk kacang bali.

Pengiriman produk kacang mete dari UMKM ke rumah kemasan kantor UMKM Halal Hub Sumenep dilakukan pada tanggal 31 Desember 2023 silam. Pada saat yang bersamaan juga dihadiri oleh salah seorang dari DKUPP Sumenep, Bu Suci dari bidang perindustrian.

“Wah kalau Goorita bisa bantu UMKM di Sumenep seperti ini enak mbak, nanti kita bisa kolaborasi buat memilah UMKM mana saja yang potensial dan produknya yang bisa dikirim ke luar negeri juga, misi bersama kita saat ini,” ujar Bu Suci saat menemani Bu Masani mengantar kacang mete goreng ke rumah kemasan kantor UMKM Halal Hub Sumenep.

Adapun setelah diterima dan dilakukan quality control oleh tim UMKM Halal Hub Sumenep, kacang mete goreng dikirimkan ke pabrik UMKM Halal Hub Sidoarjo untuk proses packing. Proses packing dilakukan di UMKM Halal Hub Sidoarjo dikarenakan belum terbitnya beberapa sertifikasi di UMKM Halal Hub Sumenep.

Proses penghitungan sebelum masuk karton

Proses packing dilakukan selama 7 hari dan menghasilkan 257 karton dengan total keseluruhan 20.910 pieces kacang mete goreng dan kacang bali yang siap dikirimkan ke Malaysia.

“Saya siap untuk menerima request dan melakukan revisi jika memang masih terdapat kekurangan dari produk mete saya walaupun berkali-kali yang penting produk saya bisa diterima di luar negeri,” komitmen Bu Masani kepada tim UMKM Halal Hub Sumenep.

RELATED POSTS
FOLLOW US